Cara Instal dan Setting AdmindesPro

Admin | 14 Agustus 2016 | 12 komentar



Bagaimana cara instalasi AdmindesPro yang benar sesuai dengan rekomendasi penggunaan app AdmindesPro oleh pembuatnya.?

App AdmindesPro yang merupakan aplikasi Server Client untuk penanganan Tata Kepemerintahan di Desa yang cukup Praktis dan mudah serta cukup handal ini menggunakan pilihan basis database SqLite3 dan MySql Server yang sudah terbukti banyak keunggulannya.
Dan untuk pilihan database MySql, sebelum anda dapat menjalankan untuk pertama kali app AdmindesPro, adalah wajib di Komputer/Laptop anda sudah terinstal MySql Server atau XAMPP yang didalamnya sudah terintegrasi MySql. Sedangkan untuk pilihan data SqLite3 tidak perlu melakukan itu (pilihan data ini sangat di anjurkan untuk anda yang kurang paham dengan instalasi MySql server di windows dan hanya ingin menggunakan admindespro untuk di satu komputer saja)..
Untuk yang membutuhkan informasi tentang bagaimana cara pemasangan MySql Server di komputer anda, anda dapat membaca panduannya disini.
Atau jika anda ingin menggunakan XAMPP (sangat disarankan bagi yang kurang/belum memahami tentang urusan seting menyeting MySql) bisa anda lihat panduannya disini
Setelah dipastikan di Komputer/Laptop sudah terinstal MySql. Pastikan juga MySql nya sudah di Start. Atau sudah berstatus Runing (khusus untuk pilihan data MySql). Baru kemudian ikuti petunjuk instalasi AdmindesPro di bawah ini:
 
Langkah / cara Instalasi AdmindesPro :
  1. Extrak file AdmindesPro.rar. File nya dapat anda Download disini 
  2. Jalankan file exe nya (admindes_Pro.exe). Klik Next dan ikuti langkah demi langkah nya hingga finish/selesai. Biarkan pada setingan defaultnya saja untuk hal-hal yang anda tidak yakin.
  3. Secara default direktory instalan di arahkan ke C:Program Files, tapi anda juga bisa menempatkannya di tempat lain jika diinginkan.
  4. Di akhir instalasi anda akan dihadapkan pada pilihan apakah ingin menjalankan otomatis app selesai instalasi. Konfirmasikan "ya" saja untuk langsung menuju seting awal app AdmindesPro. Atau anda pilih menjalankan app kemudian melalui star up saja. Terserah anda.
  5. Pada saat pertama kali app AdmindesPro ini di jalankan anda harus mengeset penggunaan app ini mau untuk penggunaan tunggal, penggunaan sebagai server atau penggunaan sebagai client nantinya. Tapi proses ini nantinya juga masih bisa di ubah kembali jika diperlukan.   
    pilihan
    Pilihan Pemakaian Tunggal atau Server akan memerintahkan app untuk membentuk/membuat database di SqLite3-database/MySql Server dan kemudian mengkoneksikannya secara otomatis. Khusus pada pilihan sistem operasi Tunggal, anda diminta untuk menentukan/memilih sistem databasenya (SqLite3 atau MySql).. Pilihan database SqLite3 sangat disarankan untuk anda yang tidak/kurang memahami database MySql  server. Tapi kalau aplikasi mau digunakan sebagai Server Client ya harus menggunakan database MySql.
    Dan jika proses usaha koneksi otomatis oleh sistem gagal, maka anda akan diminta untuk melakukan proses koneksi ke database ini secara manual melalui form koneksi yang dimunculkan. Seperti gambar dibawah ini   
    koneksi
    Isi dengan benar datanya sesuai dengan kondisi MySql yang terinstal di Komputer anda lalu klik tombol "Koneksikan" untuk mengkonfirmasikannya. Untuk Port sebaiknya gunakan defaultnya saja. Khusus untuk pilihan data SqLite3 hanya wajib mengisi kolom database dan direktory path nya saja.
    Tunggu sampai proses selesai dan ditandai dengan dimunculkannya form Login app AdmindesPro.
  6. Pastikan MySql di komputer sudah dalam keadaan aktif (khusus untuk komputer Server atau penggunaan Tunggal dengan pilihan data MySql) manakala anda akan menjalankan pertama kali AdmindesPro anda. Sebab kalau belum maka app AdmindesPro akan gagal membentuk database di MySql tersebut. Dan app tentu tidak dapat dibuka.
  7. Untuk Login pertama kali gunakan user dan password "admin" dan anda akan berada dalam status administrator app. Selanjutnya admin dapar menambah dan menghapus user dan menentukan status hak aksesnya ke app. Yaitu sebagai User, Admin atau Operator. Tingkat hak akses tertinggi adalah Admin.
  8. App AdmindesPro anda siap digunakan. Disarankan untuk membaca panduan manualnya secara teiliti dan berulang-ulang sampai anda benar-benar memahami prosedur cara penggunaan app AdmindesPro ini dengan benar. Sehingga app ini akan benar-benar membantu pekerjaan anda.
  9. Apabila ada warning acses denied saat menjalankan aplikasi AdmindesPro, cukup jalankan AdmindesPro anda dengan Run asAdminidtrator saja.
  10. Sebaiknya anda membaca Panduan Manual aplikasinya dulu secara menyeluruh sebelum lebih jauh menjalankan aplikasi ini. agar anda dapat menggunakan semua fitur-fitur yang tersedia dengan maksimal.
  11. Jika ada hal-hal yang belum jelas silakan kontak langsung ke pembuat app dengan alamat yang tertera di aboutmy app atau di halaman akhir panduan maualnya.
 
Semoga membantu
Terima kasih.

Screenshoot Desktop AdmindesPro

Download Update:

Okt 2016   > AdmindesPro 3.2.1

Des 2016  > AdmindesPro 3.3.1 beta

Feb 2017  > AdmindesPro 3.3.2

Mar 2017  > AdmindesPro 3.3.3 (new)

 
 


label: Informasi



Komentar : 12     TULIS KOMENTAR BARU

 
Ali Akbar (2017-04-11 13:16:43)
Data Penduduk tdk bisa di import padahal sdh ikutin cara2nya admin. Dan utk surat kehilangan saat dicetak yg keluar surat wali nikah. Mohon bantuan Admin
Balas
 
 admin Ds (2017-04-13 19:46:37)
Impor gagal tentu masih ada yang belum pas. coba teliti kembali. Pastikan juga pada kolom pertama diisi dengan nomor urut data. Untuk format surat menjadi koreksi dan sudah diperbaiki per tanggal 14 April2017. Silakan di download ulang. Terima kasih
Balas
 
supriyadi (2017-03-09 09:58:38)
selamat pagi admin .....saya mau tanya bisa bantu saya
Balas
 
 Admin (2017-03-09 14:09:48)
Silakan apa yang bisa admin bantu ?
Balas
 
mBokde Nur (2017-01-18 10:07:53)
Maaf. boleh minta kontak person untuk konsultasi AdmindesPro. Tanks.
Balas
 
Sekdes SP8 (2016-10-24 17:22:51)
Saya sudah ikuti langkah di atas tapi kokgagal terus ya. Panel XAMPP di apache dan mysql kotaknya tetap tanda silang (X) tidak mau di ceklist. Apa ya sebabnya ? Mohon pencerahannya. Trims.
Balas
 
 Administrator (2016-10-24 17:29:03)
Sepertinya seting XAMPP nya belum benar. Coba lihat di 
http://www.adituek.net/blog/2016/01/instal-xampp-di-windows-7.html.
Saat akan menceklist service apache dan mysql pastikan statusnya sudah stop. Kalau posisi start pasti gagal. Posisi stop ditandati dengan tombol nya bertuliskan "Start".
Balas
 
Sario (2016-08-27 20:05:41)
Apa admindespro ini bisa di pake di banyak komputer di satu kantor desa tapi datanya bisa sama? Mohon informasinya. Tanks
Balas
 
 Administrator (2016-09-04 05:54:33)
Tentu aja bisa mas Bro. Karena databse adminderapro menggunakan database mysql. Lihat di panduan nya.
Balas




Balas Komentar :

 
Pariyanto Bejo (2016-08-18 00:00:00)
Tanks infonya. Sangat bermanfaat mohon bantuan informasi cara aktivasinya donk.
Balas
 
Susanto, Ss (2016-08-17 00:00:00)
Mau nanya. Apa aplikasi ini bisa di integrasikan ke internet ya ?
Balas
 
 Administrator (2016-08-17 00:00:00)
Sangat bisa dan bisa juga di kaitkan datanya dengan admindesPro Web nya
Balas