AdmindesPro DsP_3.3.1 beta

Administrator | 31 Desember 2016 | 4 komentar


Satu aplikasi Pemerintahan Desa berbasis Windows yang cukup lumayan komplek dan mudah di operasikan. AdmindesPro. Sekarang rilis updatenya yang terbaru dengan seri DsP_3.3.1. Semakin lengkap fiturnya. Semakin memanjakan operator pelaksana tata pemerintahan desa di Indonesia. Lebih jelasnya silakan di coba saja demo nya. File aplikasinya dapat anda download di sini.

Pada seri nya yang ke 3.3.1 ini AdmindesPro mengalami update global di sistem databasenya. Yang menarik adalah pada pilihan penggunaan Tunggal komputer di berikan dua pilihan mode database. Yaitu database MySql dan database SqLite3. Pilihan database SqLite sangat dianjurkan untuk pengguna tunggal yang kurang memahami tentang bagaimana cara pemasangan server MySql di komputer. Karena dengan database SqLite3 tidak mengharuskan komputer terinstal MySql Server ataupun XAMPP/WAMPP untuk dapat menjalankan AdmindesPro ini. Tapi untuk penggunaan AdmindesPro menjadi mode Server Client wajib memilih database MySql server untuk mode databasenya.

Di bawah ini beberapa fitur yang dapat di sediakan oleh AdmindesPro DsP_3.3.1 :

 

1.      Kependudukan

Penanganan data kependudukan yang kami sajikan dan kembangkan di sini sengaja kami buat dengan sistem pengoperasian yang sangat mudah di pahami dan sangat fleksible. Sehingga para pengguna (pelaksana administrasi penduduk di desa) dapat dengan mudah mengelola data penduduk yang sudah di inputkan ke dalam aplikasi AdmindesPro. Seperti mengelompokkan data penduduk berdasarkan pilihan kriterian pengelompokan yang sangat fleksibel. Dan semua proses sudah dilakukan otomatis oleh sistem dengan akurasi da kecepatan kerja yang tinggi. Sehingga operator akan dapat memperoleh data yang diinginkan sesuai kriteria yang di cari dengan waktu yang sangat cepat.

Opsi-opsi pilihan pengelompokan data penduduk yang di sediakan AdmindesPro memungkinkan operator dapat dengan mudah mendapatkan data penduduk sesuai kelompok data yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan data penduduk. Seperti pengelompokan data penduduk berdasarkan umur, berdasarkan Pekerjaan, berdasarkan pendidikan dan lain-lain.

Cara input daftar data penduduk dapat di impor dari daftar data excel, sehingga sangat memudahkan input data penduduk ke aplikasi dari daftar penduduk yang sudah dimiliki desa pengguna AdmindesPro. Operator cukup diminta untuk mensesuaikan kolom-kolom data nya di sesuaikan dengan kolom-kolom yang diminta oleh sistem pencatatan data di AdmindesPro.

 

Dengan menggunakan software AdmindesPro ini, operator akan di manjakan dengan fitur-fitur kependudukan yang ada di dalamnya. Seperti :

-          Data Kelahiran

-          Data Kematian

-          Data Penduduk datang

-          Data Penduduk Pindah

-          Data Kartu Keluarga

-          Data Pemilikan Penduduk

-          Struktur Aparatur Desa

-          Grafik data Penduduk

-          Pembuatan surat-surat publik (Surat Keterangan dll)

-          Pengelompokan data penduduk

-          Pembuatan Daftar Pemilih Tetap

-          Pembuatan Daftar Penting Penduduk

-          Dll

 

Contoh grafik data penduduk dalam pilihan mode lingkaran


Dalam pelayanan surat-menyurat penduduk, operator dapat dengan mudah mencetak surat-surat yang di perlukan penduduk secara umum. Seperti surat keterangan, surat pengantar dan lain-lain surat yang jika format surat nya belum ada pada format-format surat bawaan AdmindesPro, operator dapat membuat format nya sendiri sesuai format surat yang di butuhkan secara umum di desa pengguna AdmindesPro. Fitur ini tentu akan semakin memanjakan operator pelaku pemerintahan desa sebagai pengguna AdmindesPro dalam pelayanan publik penduduk nya.

Selain itu operator juga dapat mencetak surat undangan dengan sekali klik untuk sekaligus banyak data tujuan yang datanya dapat di ambil dan di sortir dari daftar penduduk yang ada. Dan hasil surat dapat di preview dalam format Ms Word.

Pada fitur Pembuatan Daftar Penting Penduduk user pengguna dapat membuat tabel daftar data penduduk seperti daftar penerima raskin, BPJS dan lain-lain dengan kolom-kolom yang dapat ditentukan sendiri dan data penduduknya bisa di ambil otomatis dari daftar penduduk yang ada.

2.      Keuangan

Dengan fitur Keuangan yang ada pada software AdmindesPro, memungkinkan pengguna (operator) dapat dengan mudah melakukan pencatatan data transaksi keuangan harian desa. Baik untuk dana masuk dan dana yang di keluarkan. Dilengkapi dengan fitur report hasil rekap transaksi dalam bentuk buku besar dan jurnal. Serta report rekap akhir data keuangan per tahun buku.

Selain itu, mulai update AdmindesPro DsP_3.3.1 dilengkapi dengan satu fitur lagi yaitu untuk membantu pembuatan draft RAPBD dengan hanya melalui beberapa langkah saja dan langsung klik hasilnya. Tentu hal seperti ini akan sangat memanjakan pelaku pemerintahan desa.

 

3.      Perpajakan

Dengan adanya peraturan otonomi daerah di wilayah NKRI saat ini tidak menutup kemungkinan untuk daerah menyerahkan administrasi perpajakan yang dalam hal ini adalah Pajak Bumi dan Bangunan kepada pemerintah ditingkat desa.

Karenanya AdmindesPro memberikan fitur ini untuk dapat membantu pelaku pemerintahan desa menangani PBB ini dengan tidak menjadi ribet. Karena sistem penghitungan NJOP dan pencetakan SPPT nya sudah di proses secara otomatis oleh sistem. Dan data wajib pajak nya dapat langsung di panggil dari daftar penduduk yang sudah ada.

 

4.      Arsip Surat Digital

Sepertinya sudah menjadi satu rahasia umum. Sistem pengarsipan data surat menyurat di tingkat desa saat ini masih sangat tidak tertata rapih, alias semrawut. Disini AdmindesPro datang dengan menawarkan sistem pencatatan surat menyurat secara digital. Tujuannya untuk mengantisipasi hilangnya data fisik surat-surat penting desa.

Pencatatan arsip dapat di kelompok kan dengan mudah dan daftarnya dapat di panggil dan di sortir dengan berbagai pilihan kriteria cara pemanggilan data arsip.

Arsip surat-surat keluar bisa langsung otomatis di link kan pada saat proses pembuatan surat nya melalui pengaturan aplikasi. Namun cara ini hanya di sarankan untuk digunakan pada surat-surat yang tidak begitu riskan saja. Karena tentu data surat yang di arsipkan dengan cara link langsung seperti ini adalah merupakan data surat yang belum di bubuhi tanda tangan penanggung jawab surat dan cap desa.

Untuk panduan instalasi dan link download aplikasinya silakan klik di sini, atau klik link download di akhir tulisan ini.

Untuk informasi lebih banyak lagi tentang AdmindesPro ini silakan kunjungi website resminya di  http://www.admindespro.com.

 

Beberapa screenshoot form AdmindesPro

  

 

 DONWLOAD ADMINDESPRO

 



label: admindespro



Komentar : 4     Tulis Komentar

 
Ika aja boleh (2017-01-18 10:16:58)
Mau tanya apa format surat-surat yang ada di admindesPro ini sudah sesuaid dengan format yang ada di permendagri ya. Soalnya sepertinya sangat mudah cara cetak surat otomatisnya.
Balas


Balas Komentar :

Email

Nama

Komentar  

 
 Administrator (2017-01-18 10:23:08)
Default bawaan di admindespro sesuai permendagri saat aplikasi di rilis. Tapi pada dasarnya format surat surat nya bersifat draft yang bisa dengan mudah di ubah formatnya oleh user pengguna dengan status login admin.
Balas
 
   Ika aja boleh (2017-01-18 10:41:50)
Ok. saya pelajari dulu deh nanti konfirmasi kembali. Tanks.
.
 
Baskoro Agung (2017-01-02 18:25:36)
Dengan aplikasi kerja jadi mudah dan cepat tapi nginput datanya lumayan memakan waktu ya ..
Balas